Rabu, 25 Desember 2013

Sejarah Penemuan dan Perkembangan Komputer

komputer
Bagi mereka yang menganggap bahwa komputer merupakan penemuan terhebat pada abad 21 ini. Pandangan tersebut boleh dikatakan salah. Sebab, pada dasarnya penemuan komputer pertama kali sudah muncul sejak tahun 1600an. Meskipun komputer pada zaman tersebut belum secanggih dan selangka sebagaimana komputer yang kita temui pada saat ini. Namun harus diakui, bahwa konsep dasar komputer yang kita jalankan sekarang ini mengadopsi sistem yang diterapkan pada mesin hitung yang digunakan pada tahun 1600an tersebut. Di era digital sekarang ini, semua orang pasti pernah memanfaatkan jasa komputer. Mesin yang pada awalnya diciptakan untuk membantu proses penghitungan ini, kini menjadi sebuah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Walau demikian, meski sudah sering menggunakannya, tidak banyak orang yang mengetahui mengenai sejarah dan penemu komputer pertama kali di dunia. Siapakah yang pertama kali? Dan bagaimanakah perkembangannya?

Siapa yang Pertama Kali ?

Pertanyaan tentang siapa menemukan komputer tidak dapat dijawab dengan nama tunggal. Sehingga lebih tepat pertanyaannya di rubah, siapa mereka yang menemukan komputer. Karena sepanjang sejarah, banyak orang telah menciptakan perangkat yang membantu menyebabkan pengembangan mesin ini. Misalkan pergi jauh kembali ke waktu dan tanggal tertentu banyak penemuan penting pertama untuk abad ke-4 Sebelum Masehi ketika Babilonia mengembangkan sempoa.

Konsep penting lain yang akan membantu menyebabkan komputer terjadi pada masa awal dan termasuk penerapan angka Arab dan konsep nol, dan pada abad ke-17, perkembangan kalkulator mekanis pertama oleh Wilhelm Schickard dan Blaise Pascal.

Tonggak lain di sepanjang jalan adalah rencana yang dibuat oleh Charles Babbage di awal abad 19 untuk menciptakan bertenaga uap Meskipun tidak pernah dibangun dengan sukses, maksud dari perangkat ini adalah untuk menghitung tabel astronomi "Difference Engine". Babbage kemudian beralih ke ide menciptakan sebuah Analytical Engine, yang akan dirancang untuk menyelesaikan semua masalah matematika.

Ide Babbage menyebabkan tulisan-tulisan dari Augusta Ada Byron pada Analytical Engine. Dia jelas digambarkan beberapa cara di mana komputer modern sekarang beroperasi dan membahas konsep analisis data dan memori antara lain. Lain pemikir kunci yang perlu dikreditkan adalah George Boole, bertanggung jawab untuk aljabar Boolean. Atau berikutnya, karya Pascal, Bryon, Boole dan Babbage, luar biasa dan jauh mendahului kemampuan untuk membangun mesin dengan komponen elektronik yang dapat menyimpan memori.

Pengembangan dan penggunaan umum dari listrik menyebabkan prekursor komputer banyak pada 1940-an. Ini termasuk kalkulator programmable Konrad Zuse, dan penemuan transistor oleh Bell Telephone. Beberapa model komputer awal seperti Colossus, dibangun pada tahun 1943 adalah mesin besar yang digunakan untuk memecahkan kode. Beberapa perkembangan lain pada paruh kedua abad ke-20 termasuk penemuan konduktor semi, dan sirkuit terpadu.


Mesin-mesin yang dikembangkan di awal abad 20 bisa memiliki programabilitas terbatas atau tidak bisa diprogram. Namun penciptaan apa yang disebut arsitektur program yang tersimpan konsep dijelaskan oleh John von Neumann mengubah cara komputer dapat menyimpan memori. Ide-ide Von Neumann masih mempengaruhi operasi dari komputer modern. Hingga akhirnya muncul Eniac, Mac, Will Gates, atau Steve Jobs, Andrei Wozniak, hingga ke eranya Brinn dkk. Sejarah komputer memang lebih melibatkan, para penemu yang tidak akan ada habisnya.

Inilah yang Pertama Kali

Gottfired Wilhelm Von Leibniz
Gottfired Wilhelm Von Leibniz
Sejarah tentang komputer berawal pada tahun 1671. Pada tahun tersebut, seorang Jerman bernama Gottfired Wilhelm Von Leibniz yang merupakan seorang filosof sekaligus ahli Matematika merancang mesin hitung. Mesin ini mampu menjumlah, mengurangi, mengalikan serta menghitung pembagian. Mesin ini menggunakan sistem binary. Sistem ini adalah sebuah sistem penjumlahan dua digit. Di era sekarang, sistem ini yang menjadi dasar pengoperasionalan komputer.

Selain Libniz, ada seorang Prancis yang memiliki peran dalam meletakkan dasar sistem operasional komputer. Orang tersebut bernama Jacquard. Jacquard menggunakan sistem yang menyerupai komputer untuk digunakan dalam proses pengawasan alat tenun. Sistem inilah yang kemudian mempengaruhi penemuan komputer dan juga pembuatan sistem kolom data pada Biro Sensus Amerika yang ditemukan oleh Herman Hollerith pada akhir abad 19.

Meski demikian, sejarah mencatat bahwa penemu komputer pertama di dunia adalah seorang yang berasal dari Inggris, Charles Babbage. Babbage melakukan penyelesaian pada prinsip pemakaian umum komputer digital yang didasari dari penemuan sebelumnya oleh Libnizz dan Jacquard.
Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang memanfaatkan tabel matematika yang kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kesalahan perhitungan. Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables". Catatan ini dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 yang berisi tentang semua konsep yang ada dalam benaknya.

Sayangnya, teknologi yang ada pada abad 19 belum mampu mendukung gagasan yang ada di benak Babbage. Akhirnya, hingga meninggal pada usia 79 tahun tanggal 18 Oktober 1871, gagasan Babbage belum mampu terwujudkan. Dan gagasan itu pun terkubur bersama dengan jasad Babbage. Beruntunglah, Babbage sempat meninggalkan warisan berupa catatan tentang gagasannya yang pada akhirnya mampu menciptakan sebuah penemuan yang mengubah peradaban dunia.

Sejarah Komputer Modern

Howard H. Aiken
Howard H. Aiken
Tahun 1937 merupakan titik tonggak sejarah peradaban dunia baru. Berawal dari perhatian seorang sarjana Harvard, Howard H. Aiken terhadap warisan catatan Babbage. Aiken pada saat itu, sedang berusaha merampungkan rancangan mesin komputer tergelitik oleh ide yang digagas oleh Babbage.
Pada akhirnya, Aiken menggandeng raksasa komputer Amerika, IBM untuk menciptakan sebuah mesin yang mampu membantu manusia menyelesaikan berbagai aktivitasnya. Pada akhirnya, terciptalah komputer pertama di dunia yang diberi nama Mark I. Mark I inilah yang kemudian menjadi pioner lahirnya teknologi komputer dunia.

Sebagai penghormatan atas ide awal Babbage, dunia kemudian mengembangkan mesin dengan rancangannya. Hasil dari pengembangan karya Babbage ini, bisa dijumpai di Museum Sains yang beada di London. Pada tahun 1991, rencana asli Babbage ini terbukti bisa digunakan secara sempurna. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa apa yang diimajinasikan oleh Babbage bukan sebuah bualan semata, karena memang bisa diimplementasikan secara nyata.

Pemanfaatan Komputer

pemanfaatan komputer
Pada saat ini, nyaris tidak ada bagian dari kehidupan manusia yang terlepas dari komputer. Dengan menggunakan komputer, manusia mampu melakukan berbagai aktivitas termasuk yang dianggap mustahil.

Salah satu penemuan besar manusia abad ini yang menggunakan pemanfaatan komputer adalah internet. Sistem ini berbasis pada pengembangan layanan data yang tersimpan pada sebuah sistem untuk bisa diakses oleh pihak lain.

Pada awalnya, penemuan internet ini berawal dari proses untuk menghubungkan masing-masing perangkat komputer. Dengan demikian, perangkat komputer yang ada bisa saling berbagi data dan menunjang kinerja dengan saling melengkapi kekurangan yang ada. Sistem ini yang kemudian dikenal dengan sistem intranet yang berbasis pada konsep Local Area Network.

Konsep ini diperluas dengan memanfaatkan teknologi komunikasi informasi. Sehingga pada saat ini kita bisa menikmati hubungan antara semua komputer yang ada di seluruh dunia yang terhubung dengan jejaring internet tersebut.

Keberadaan internet ini cukup membantu manusia dalam menjalin kerjasama dan komunikasi. Sebab, internet menciptakan sebuah sistem tanpa batas dan menghilangkan jarak yang ada pada kehidupan nyata.

Manusia bisa saling berkomunikasi pada waktu bersamaan pada jarak yang saling berjauhan. Demikian pula dengan internet kita bisa saling berbagi dokumen tanpa harus menunggu waktu terlalu lama sebagaimana dengan menggunakan layanan konvensional seperti jasa pos. Dan semua ini bisa dimungkinkan dengan berkat adanya penemuan komputer yang merupakan perintis sistem teknologi digital.

Banyak yang menganggap bahwa mereka yang dikategorikan sebagai penemu komputer memiliki peran besar dalam perubahan yang terjadi dalam kehidupan sekarang ini. Manusia menjadi mampu mengerjakan beberapa aktivitas yang pada beberapa tahun silam dianggap sebagai hal yang mustahil. Namun, dengan bantuan komputer semua hal yang sempat terlihat sulit tersebut menjadi bukan hal mustahil untuk dilakukan.

Tidak ada komentar: